Senin, 20 Februari 2017

Sejarah Perkembangan Bank di Indonesia

Seiring dengan perkembangan perekonomian, semakin bermunculan bank di Indonesia. Entah itu bank-bank besar, bank daerah atau bank lainnya yang berusaha untuk memenuhi segala kebutuhan dan keinginan masyarakat. Mereka berlomba-lomba menarik perhatian masyarakat dengan menawarkan produk-produk perbankan yang menggiurkan. Mulai dari pinjaman melebihi jaminan sampai kredit tanpa agunan.

Meski begitu, bank di Indonesia mempunyai cerita sejarah yang luar biasa sehingga bisa melayani masyarakat sampai sekarang. Bahkan ada yang bertahan dari dulu sejak jaman penjajahan hingga sekarang siap melayani masyarakat Indonesia. Penasaran seperti apa perjalanan beberapa bank dan bank apa sajakah itu? Simak ulasannya berikut ini!
HSBC
Pertama, ada bank HSBC (Hongkong and Shanghai Banking Corporation Limited). Merupakan sebuah bank asal Hongkong dan Shanghai dan bank tertua di Indonesia. HSBC telah melayani perekonomian di Indonesia mulai tahun 1884 di Batavia yang sekarang menjadi Jakarta. Setelah sukses di Batavia, bank di Indonesia ini merambah kegiatannya di Surabaya tahun 1896 silam.
Semakin hari, bank ini semakin menyatu dengan Indonesia dan keunggulannya adalah di bidang pembiayaan kegiatan perdagangan. HSBC mempunyai banyak produk unggulan termasuk kegiatan ekonomi syariah. Kini bank HSBC tersebar luas di Indonesia dan mempunyai cabang di beberapa kota di Indonesia.
BRI Tbk
Berdirinya BRI (Bank Rakyat Indonesia Tbk) diprakarsai oleh Raden Aria Wirjaatmadja pada tanggal 16 Desember 1895 di Purwokerto Jawa Tengah. Kegiatan awalnya BRI sama seperti bank di Indonesia lainnya yakni mendukung perdagangan. Dari pelayanannya di bidang perdagangan inilah yang membuatnya terkenal di kalangan masyarakat dan sebagai penggerak ekonomi negara hingga sekarang.
Operasional BRI sempat berhenti pada perang mempertahankan kemerdekaan tahun 1948. Tapi, setahun kemudian BRI kembali melakukan kegiatannya speerti biasa dan berganti nama menjadi Bank Rakyat Indonesia Serikat. Setelah perang berakhir BRI pun resmi menjadi bank milik pemerintah dan menjadi bank pertama Indonesia. BRI dari dulu memang identik dengan rakyat kecil.
Tak hanya HSBC dan BRI saja, ada bank di Indonesia lainnya yaitu PT BTN (Bank Tabungan Negara) juga mempunyai sejarah panjang dan cukup penting di Indonesia.


EmoticonEmoticon