Sabtu, 16 September 2017

Bagaimana Tahapan dan Proses Pembuatan Teh ?


foto:seleb.co.id


Pernahkah membayangkan secangkir teh yang tiap pagi kita minum, sebelumnya telah melalui proses pembuatan teh yang panjang? Ya, tidak banyak yang tahu bagaimana pembuatan teh. Oleh karena itu, melalui artikel ini, akan saya bagikan sedikit informasi mengenai tahapan pembuatan teh. Penasaran? Yuk simak ulasannya berikut ini!
1.       Pemilihan &Pemetikan Daun Teh
Tidak sembarangan bagian dari tanaman teh yang bisa dibuat untuk minuman, bagian terbaik yaitu pada pucuk daunnya sehingga dalam pemetikannya juga harus dilakukan pemilihan agar nanti dapat menghasilkan cita rasa serta produk teh yang berkualitas. Sebagian besar petani teh masih menggunakan cara menual dalam memetik, meski adapula sebagian yang sudah menggunakan mesin. Maka dari itu, sering kita lihat di perkebunan teh, para pemetik yang sedang bekerja memilih dua bagian pucuk daun teh. Bagian inilah yang nantinya akan diproses kembali.
2.       Pengeringan
Tahapan atau proses pembuatan teh yang kedua yaitu pengeringan. Pucuk daun teh yang sudah dipetik dan dikumpulkan kemudian dijemur untuk mengurangi kadar airnya. Proses penjemuran harus dilakukan hati-hati dengan memperhatikan suhu dan juga sirkulasi udara yang bagus. Pada proses ini, berat daun teh yang tadinya agak berat akan berkurang hingga ¼ dari berat awal.
3.       Oksidasi
Setelah dijemur, apakah daun teh sudah cukup untuk disajikan? Owh ternyata belum, masih ada beberapa proses lagi yang harus dilalui. Nah proses ketiga ini adalah proses oksidasi dimana daun teh akan dimasukkan ke dalam sebuah alat yang dapat diatur suhunya. Daun teh akan mengalami pengeringan kembali serta fermentasi agar dapat bertahan lama serta awet. Efek dari proses oksidasi ini membuat daun teh akan berubah warna dan menjadi lebih kering.
4.       Pemengemasan/Packing
Nah, setelah pengeringan pada tahap proses oksidasi, barulah daun teh sudah bisa diseduh dengan air panas. Pada pembuatan produk teh skala pabrik, proses terakhir yang harus dilalui yaitu pengemasan atau packing. Fungsinya untuk menjaga kualitas produk teh agar tetap terjaga, terhindar dari kotoran dan membuatnya awet. Produk yang sudah dikemas, kemudian didistribusikan ke suplier hingga sampai ke tangan konsumen, seperti halnya minuman yang sering kita nikmati setiap hari.

Sangat menarik bukan, mengikuti proses pembuatan teh? Bagi kamu yang baru saja tahu tentang info ini, tentu menjadi pengetahuan dan wawasan baru. Terima kasih sudah membaca artikel ini hingga tuntas, semoga bermanfaat!


EmoticonEmoticon