Jumat, 16 Maret 2018

Perkembangan Bayi Usia 7 Bulan Keatas


teguhiw.me

Seiring persiapan bayi untuk merangkak, Anda harus menyiapkan rumah Anda. Buatlah rumah anda atau lingkungan bermainnya nyaman, aman dan tidak membahayakan untuk aktivitasnya. Turunkan tangan dan lutut untuk melihat bahaya apa yang ada di sekitar si kecil yang harus Anda waspadai. Perkembangan bayi usia 7 bulan keatas sangatlah banyak. Dia mungkin bisa jatuh, menabrak, memanjat, memotong atau mencubit dirinya sendiri.
Dalam tiga bulan terakhir, bayi mungkin tumbuh sekitar 3 cm dan lingkar kepalanya mungkin telah tumbuh sekitar satu setengah centimeter. Dia masih mengembangkan indra dan keterampilannya yang akan menghasilkan lebih banyak kebebasan. Bobot rata-rata bayi berusia 7 bulan adalah 8 kg untuk anak perempuan dan 9 kg untuk anak laki-laki. Panjang rata-rata adalah 40 cm untuk anak perempuan dan 41 cm untuk anak laki-laki.
Tapi jangan terlalu terjebak dengan berat badan bayi berusia 7 bulan yang normal. Ketinggian dan berat badan bisa sangat bervariasi antara bayi sehat, selama bayi Anda tumbuh dengan sehat. Konsultasikan pada dokter untuk mengetahui perkembangan bayi usia 7 bulan keatas secara normal dalam tinggi dan berat badan. Perkembangan juga terjadi pada inderanya. Penglihatan bayi semakin membaik. Dan dia bisa melihat semua warna penuh sekarang.
Pendengarannya hampir sepenuhnya berkembang juga. Bila Anda berbicara, dia mungkin tahu dari mana asal suara Anda. Dia akan mendengarkan suaramu dan mungkin mencoba untuk menyalin pola dan nada suaramu saat dia mengoceh. Apa yang harus dilakukan seorang anak berusia 7 bulan? Ingat, semua bayi berkembang dengan kecepatan mereka sendiri dan tidak semua bayi itu sama.
Bayi mungkin bisa duduk sendiri tanpa bantuan pada usia 7 bulan ini, tapi tetap awasi dengan baik. Pada usia ini, mungkin bayi anda akan mengambil semuanya dengan seluruh tangannya. Dia juga akan belajar menjepit benda menggunakan tangannya. Pada usia 7 bulan, bayi bisa mengonsumsi makanan padat namun sumber nutrisi utamanya masih mengandung ASI atau susu formula.
Anak anda mungkin akan menyembur-nyemburkan makanannnya. Bukannya dia tidak suka, tapi itulah caranya bermain. Anda harus mendorongnya untuk makan dengan benar, berusahlah untuk memasukkan makanan sesuai porsinya. Di usia ini juga dia mulai belajar berdiri, jika sudah mantap dia mungkin bisa melangkahkan kakinya. Dia akan mencari sanggan apapun untuk membuat tubuhnya berdiri. Jaga dia sebaik mungkin dalam setiap langkahnya.


EmoticonEmoticon